Jumat, 09 Januari 2015

Rute Wisata Jogja part I

1

Berhubung nge-postingnya malem, jadi selamat malem sobat sekalian. Mungkin ini postingan curhatan saya yang pertama, yah sekedar share aja sih. Tadi pas UAS kepariwisataan tiba-tiba inget soal UAS tahun kemaren, biasa lah saya emang tipikal orang yang perfeksionis jadi nilai C+ tahun kemaren bikin saya berusaha untuk memperbaikinya di semester ini. Ngomong-ngomong itu udah dapet c+ masih aja ya digedein hurufnya, plus malah cuehat lagi. Hehee
Oke langsung aja, ini merupakan rute perjalanan wisata Kota Jogja tentunya yang dulu pernah saya buat pas UAS kepariwisataan tahun kemaren. Pastinya berdasar pengalaman pribadi menjajaki Kota Gudeg ini, yang merupakan kota kelahiran saya.
Bila sobat dari luar kota dan ke Jogja menggunakan jasa penerbangan, pilihlah jadwal penerbangan pagi tentunya untuk menghemat budget yang bisa dipakai untuk keperluan jalan-jalan nanti, mengapa? Karena setelah landing kita dapat langsung jalan-jalan. Sampai di bandara Adi Soecipto Jogja kurang lebih pukul 07.00 WIB.
Hotel Royal Ambarrukmo














Lalu check in disalah satu hotel dekat bandara saja, saya sarankan di Hotel Royal Ambarrukmo ini merupakan rekomendasi hotel yang menurut saya terbaik namun cukup merogoh kocek sih. Pokoknya cari yang deket bandara aja, yang ngga jauh dari fasilitas pendukung. Mandi yang wangi, bersih, cantik dan ganteng. Lalu jangan lupa untuk breakfast di hotel terlebih dahulu sebelum mulai menjelajah Kota Jogja. Di awal perjalanan saya menyarankan tempat-tempat yang jauh dari pusat kota terlebih dahulu. Kita menuju ke arah barat laut.
Kawasan Wisata Kaliurang













• Tujuan pertama adalah Kawasan Wisata Kaliurang
Mengapa tujuan pertama kita adalah kawasan kaliurang? Karena memang Kawasan Kaliurang akan lebih terasa spesial di pagi hari. Tempat wisata ini menawarkan udara sejuk, hutan yang asri, dan pemandangan alam yang begitu indah. Saya sarankan menuju Tlaga Putri, Goa jepang, dan Tlaga Mancer. Di Tlaga Mancer sobat dapat berenang, menyenangkan bukan berenang di pagi hari. Setelah puas di Kaliurang sobat bisa kembali melalui Desa Cangkringan, tidak asing bukan, ya desa Cangkringan merupakan desa dimana Mbah Marijan tinggal dan dimakamkan, bagi yang tidak mengetahui, Mbah Marijan merupakan juru kunci Gunung Merapi dimana kawasan wisata Kaliurang berada. Lalu kita menuju ke arah tenggara.
Kompleks Candi Prambanan














• Kompleks candi prambanan
Ketika sobat melalui desa cangkringan, sobat dapat melewati jalur alternatif menuju candi prambanan. Estimasi waktu perjalanan kurang lebih 1-1,5 jam perjalanan, tentunya dengan kecepatan normal. Di kompleks candi prambanan pengalaman menarik yang akan sobat jumpai dan tidak ada dicandi lain. Tak lupa untuk mengisi perut sobat dapat sobat dapat mencari makanan khas daerah setempat, tepatnya daerah kalasan, penasaran? Silahkan cari tau sendiri yaa,hehee. Next trip ke arah selatan, estimasi waktu 15-20 menit.
Kompleks Candi Ratu Boko














• kompleks candi ratu boko
Walau tak lebih terkenal dari kompleks candi prambanan tetapi obyek wisata ini tak kalah menarik. Karena kompleks candi ini memiliki wilayah yang cukup luas, bahkan ada candi yang terdapat jauh dari candi utama dan berada dipemukiman warga seperti candi banyu nibo. Di kompleks candi ratu boko ini sobat tidak akan menjumpai candi yang begitu megah namun sobat akan disuguhi teka-teki mengenai tata letak, bentuk, serta mitos yang tak kalah menarik yang patut untuk sobat pecahkan. Ke arah tenggara lagi sob menuju gunung purba nglanggeran, estimasi waktu 20-30 menit.
Gunung Purba Nglanggeran
• Gunung Purba dan Embung Nglanggeran
Embung Nglanggeran
Wisata ini kini begitu menyita perhatian, bahkan dari warga Jogja sendiri. Awalnya tak banyak yang tahu mengenai obyek wisata ini, tapi entah kabar dari negeri antah brantah mana yang kemudian membuat obyek ini begitu terkenal dan membuat penasaran banyak warga kota Jogja. Baik di gunung apinya maupun di embungnya, keduanya sama-sama memiliki view yang begitu bagus untuk melihat sunset sob, jadi usahain sampai ditempat ini mendekati waktu sunset. Kalau ke gunung api purbanya pastikan memperhitungkan waktu mendaki yang kurang lebih 2 jam. Sehingga di puncak ga terlalu bosan menunggu. Setelah terpesona melihat sunset pulangnya kehotel jangan lupa mampir ke bukit bintang, sampai dibukit bintang kurang lebih 15-20 menit perjalanan dari Nglanggeran.

•Bukit Bintang
Dari namanya aja udah pasti tahu maksudnya kan sob, yah betuuul. Ini merupakan tempat yang memiliki view yang pas buat ngeliatin bintang. Baik itu bintang beneran atau pun jutaan lambu yang adadi dataran rendah yang begitu indah bak gemintang di gelap malam, diiiiih sok puitis,hehee
Jangan lupa mampir nih sob, bisa sambil ngopi plus makan jagung bakar di pinggir jalan lhoo, jarang kan bisa gitu. Foto bukit bintang silahkan cari sendiri sob, pasti banyak noh dim bah gugel. Biar penasaran. Okee??

Oh iya sob, sempetin juga ya untuk membeli cinderamata dari tiap obyek wisata, apa salahnya kan mengeluarkan sedikit kocek untuk mereka yang berusaha keras mencari sesuap nasi. Selain itu karena cinderamata disini dijamin keasliannya. Bukan cinderamata hasil impor dari daerah lain (bukan maksud nyindir daerah tertentu lho). Sama satu lagi, perkirakan untuk sampai di hotel maksimal pukul 22.00 demi kesehatan sobat dan kelancaran kunjungan sobat di Kota Gudeg.

Nah itu tadi adalah trip hari pertama menjelajah Kota Jogja, untuk hari berikutnya di postingan selanjutnya pasti saya bahas. Maklum masih mikir UAS besok. Ini aja nyempetin nulis sob. Byeee, smoga postingan saya ini bermanfaat untuk traveler yang kepengen menjelajah Kota Jogja yang begitu nyaman ini.

D^E^M

1 komentar:

  1. Sebenarnya untuk website informasi mengenai wisata Jogja ada banyak, contohnya saja agan tinggal buka website kabupaten yang akan agan tuju. di situ pasti sudah ada banyak referensi tujuan wisata.. terimakasih sudah berkomentar, mohon maaf blog saya lama ga keurus XD

    BalasHapus

cukup dengan saran saya akan sangat terkesan, :)