Kamis, 15 Januari 2015

Ooh Skripsi-Ku

0


Sobat, malam ini adalah hari terakhir UAS di semester tujuh, dan merupakan awal hariku untuk membuat skripsi. Yaa, skripsi.. tapi saat ini gambaran mengenai jenis skripsi apa yang akan aku buat pun belum terlintas di pikiranku. Walaupun sudah sejak awal semester tujuh aku mulai mondar-mandir di perpustakaan kampus bahkan perpustakaan Kota Jogja. Tapi tetap saja tak satu judul pun ku peroleh. Saat ini tinggal sekitar 5 orang temanku  yang belum mulai mengajukan judul termasuk aku. Semakin menambah beban bukan, sebenarnya tak layak untuk dikatakan sebagai beban. Tanggung jawab, mungkin kata itu lebih bisa menggambarkannya.
Malam ini tepat tanggal 15 Januari 2015 aku akan mulai membuat skripsi. Walaupun aku belum tahu akan seperti apa skripsiku ini. Bila berpijak pada saran teman-temanku, hal pertama yang harus ku lakukan adalah melihat skripsi-skripsi dari kakak tingkat, hanya sekedar mencari gambaran skripsi apa yang ingin ku buat. Namun makin lama pilihan jenis skripsi akan makin dibatasi, itu lah resiko pengajuan skripsi di barisan akhir. Mungkin ini kesalahanku, hapus kata mungkin itu akan lebih tepat. Ini kesalahanku, harusnya sudah sejak awal aku memastikan judul apa yang akan ku buat dan mulai mengerjakan persiapan-persiapannya.
Diawali dengan postingan ini, maka skripsi itu besok pagi akan mulai ku kerjakan. Semoga ini bukan sebuah keterlambatan, yah meski aku tak menyangkal itu. Esok pagi aku akan menuju perpustakaan untuk mencari referensi jenis skripsi yang akan ku buat. Lantas esok pagi pula aku harus sudah mulai menentukan judul skripsiku dan seandainya sempat akan mulai ku buat draf pengajuan judul skripsi. Mengenai draf pengajuan judul sebisa mungkin pasti akan ku usahakan.
Poinnya adalah lihat referensi skripsi – tentukan judul – lihat referensi buku yang memungkinkan - buat draf pengajuan judul – accept dari dosen – buat proposal skripsi (bab I, II dan III) – revisi. Sampai disitu dulu mungkin targetku. Smua itu akan selesai dalam 5 minggu, terhitung mulai hari ini. Obsesi 5 minggu ini muncul karena teman dekatku yang sedang melaksanakan PPL di Puskesmas Nggalur Kulon Progo. Janjiku setelah dia selesai PPL proposal skripsiku sudah ku kerjakan. Yah mungkin 5,5 minggu lagi dia selesai PPL.
Berjuang untuk hidupmu dim, raih masa depanmu, berlarilah dari zona nyamanmu, kamu pasti bisa!!
Fighting!!!
D^E^M

15 Januari 2015, 01:59 AM

0 Komentar:

Posting Komentar

cukup dengan saran saya akan sangat terkesan, :)