Rabu, 26 Maret 2014

"KONSEP GENDER DALAM ISLAM"

0


A.PENGERTIAN
·         Secara etimologis, kata gender berasal dari bahasa Inggris yang artinya ”jenis kelamin” (John M.Hassan Shadily, 2002:265).
·         Dalam The Contemporary English Indonesian Dictionary , Gender berarti penggolongan menurut jenis kelamin (Peter Salim,  1989:771).
·          Dalam Webster’s New World Dictionary, gender diartikan sebagai ‘perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan dilihat dari segi tingkah laku’ (Victoria Neufeld, 1984:561).
·         Gender diartikan sebagai penggolongan gramatikal terhadap kata-kata benda dan kata-kata lain yang berkaitan dengannya, yang secara garis besar berhubungan dengan jenis kelamin serta ketiadaan jenis kelamin atau kenetralan (Concise Oxford Dictionary Of Current English, 1990).
·         Secara terminologis , gender diartikan sebagai harapan-harapan budaya terhadap laki-laki dan perempuan (Hillary M.Lips)
·         Gender adalah suatu dasar untuk menentukan perbedaan sumbangan laki-laki dan perempuan pada kebudayaan dan kehidupan kolektif sebagai akibatnya mereka akan menjadi laki-laki dan perempuan (H.T .Wilson).
·         Gender adalah sebuah konsep  kultur yang berupaya membuat perbedaan dalam hal peran, perilaku, mentalitas, dan karakteristik emosional antara laki-laki dan perempuan yang berkembang dalam masyarakat (Women’s Studies Encyclopedia).

Selasa, 25 Maret 2014

"SUMBER DAYA ALAM INDONESIA"

0


BAB I
PENDAHULUAN
Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini.
Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara seperti Indonesia, Brazil, Kongo, Sierra Leone, Maroko, dan berbagai negara di Timur Tengah memiliki kekayaan alam hayati atau nonhayati yang sangat berlimpah. Sebagai contoh, negara di kawasan Timur Tengah memiliki persediaan gas alam sebesar sepertiga dari yang ada di dunia dan Maroko sendiri memiliki persediaan senyawa fosfat sebesar setengah dari yang ada di bumi. Akan tetapi, kekayaan sumber daya alam ini seringkali tidak sejalan dengan perkembangan ekonomi di negara-negara tersebut.
Indonesia, salah satu negara dengan kekayaan sumber daya alam hayati dan nonhayati terbesar di dunia. Dalam makalah ini akan dijelaskan secara  lebih rinci tentang Pengertian Sumber daya alam, Macam-macam sumber Daya Alam Indonesia, Pemanfaatan sumber daya alam Indonesia dan Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia. Sehingga pembaca akan lebih memahami Sumber Daya Alam di Indonesia dan dapat mengolah dan memelihara Sumber Daya Alam di Indonesia dengan baik.

Minggu, 23 Maret 2014

"LITOSFER"

0



Litosfer adalah fenomena berupa kenampakan bentuk permukaan bumi (di daratan maupun di lautan) yang terdiri dari pegunungan, gunung, dataran tinggi, perbukitan dataran tinggi, dataran rendah, canyon, lubuk dan lain-lain. Kenampakan bumi inilah yang disebut relief. Seorang geograf diharapkan mampu memahami litosfer ini karena peranannya dalam pembentukan muka bumi sebagai tempat atau ajang kehidupan manusia dan mempengaruhi karakteristik manusia yang menghuninya.
Litosfer mencakup lempeng bumi (crust) dan bagian paling atas dari mantel bumi (astenosfer). Konsep litosfer sebagai bagian terluar dari bumi yang bersifat keras (rigid) dikembangkan oleh Barrel (1914). Konsepnya didasarkan pada keberadaan anomaly gravitasi yang signifikan di atas lempeng benua, dari situ ia menyimpulkan bahwa lempeng atau kulit bumi pasti berada di atas lapisan yang dapat menggerakkan (bersifat cair liat) yang kemudian disebut lapisan astenosfer. Ide ini kemudian dikembangkan oleh Daly (1940) dan diterima secara luas oleh para ahli geologi dan geofisik. Meskipun teori ini berbicara tentang lapisan yang memungkinkan litosfer bergerak, tetapi teori ini berkembang jauh sebelum lahirnya Teori Tektonik Lempeng ( Plate Tectonic Theory)  yang dikukuhkan pada dekade 1960-an. Keberadaan litosfer yang kokoh di atas lapisan yang cair liat yang dapat menyebabkan litosfer bergerak merupakan inti dari teori tektonik lempeng.
Meskipun litosfer terdiri dari berbagai tipe batuan dan ratusan jenis mineral, material-material ini tersusun oleh sejumlah kecil elemen. Jumlah total dari 98,7% kerak bumi (menurut beratnya) terdiri dari elemen oksigen (46,6%), silicon (27,72%), alumunium (8,13%), besi (5%), calcium (3,63%), sodium (2,83%), potassium (2,70%), dan magnesium (2,09%). Elemen-elemen tersebut membentuk blok-blok yang sebagian besar berupa material anorganik yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari sebagai kaca (SiO2), concrete (CaCO3), dan baja.

Jumat, 21 Maret 2014

"ANTROPOLOGI"

0


BAB I
PENDAHULUAN
1.      Pengertian Antropologi
Secara harfiah antropologi  adalah ilmu (logos) tentang manusia (antropos).Antropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaliagus makluk sosial..Beberapa ahli juga menguraikan tentang pengertian antropologi yaitu:
Ø  Margaret Mead,bahwa antropologi merupakan:
a)      Ilmu pengetahuan alam atau ilmu biologik, dalam arti, Ilmu yang mempelajari evolusi fisik dan sifat hakekat biologik manusia;
b)      Ilmu sosial,  dalam arti, ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia sebagai anggota kelompok sosial;
c)      Disiplin ilmu yang bersifat histirik, artinya yang berusaha membuat rekonstruksi urutan-urutan perkembangan kebudayaan;
d)     Salah satu dari ilmu “humanities”, yang mempelajari kesenian, folklore, tradisi lisan dan sebagainya.
Ø  William A.Havilland
Antropologi adalah studi tentang manusia ,berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat bagin manusia dan perilakunya sertauntuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
Ø  David Hunter
Antropologi adalah ilmu yang lahir dari pengetahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.
Ø  Koentjaraningrat
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna,bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.
Dari definisi-definisi tersebut,pengertian antropologi secara umum adalah sebuah ilmu yang mempelajari manusia dari segi keanekaragaman fisik serta kebudayaan (cara-cara perilaku,tradisi-tradisi,nilai-nilai) yang dihasilkan sehingga setiap manusia yang satu dengan yang lainnyaberbeda-beda.